INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Sabtu, 23 Desember 2017

6 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Ponsel

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Baterai adalah 'nyawa' bagi smartphone, untuk itu berusahalah agar baterai kamu tetap awet dan tahan lama. Banyak cara untuk menjaga agar baterai smartphone lebih panjang masa pakainya, salah satunya adalah melakukan pengaturan yang tepat pada ponsel kamu. Pengaturan bawaan handphone telah 'menghidupkan' semua fitur yang ada pada smartphone dan hal itu bisa menyebabkan baterai jadi cepat berkurang. Oleh karena itu diperlukan sedikit perubahan setting ponsel untuk membantu masa pakai baterai agar lebih lama. Selain itu kamu hanya perlu mengubah sedikit kebiasaan kamu dalam menggunakan smartphone seperti yang akan dijelaskan pada artikel yang sedang kamu baca ini. Ok, langsung ke pokok bahsan, berikut 6 pengaturan ponsel yang bisa kamu coba.

Baterai Android

1 - Matikan Koneksi Wireless Saat Tidak Digunakan

Koneksi nirkabel merupakan penyumbang terbesar berkurangnya daya tahan baterai jika terus-terusan diaktifkan, itu karena koneksi yang tidak menggunakan sambungan perantara fisik seperti kabel akan memakai lumayan banyak sumber daya baterai. Koneksi wireless yang wajib dimatikan jika ingin baterai lebih awet diantaranya Bluetooth, Wifi dan sambungan data. Ganti ke posisi off tiga jenis sambungan wireless tersebut jika tidak sedang digunakan, nanti kamu akan merasakan meningkatnya daya tahan baterai smartphone-mu.

2 - Ganti Setting GPS Menjadi Off Jika Tidak Diperlukan

Fitur GPS merupakan fitur selanjutnya yang boros baterai, hal itu disebabkan fitur ini akan meakukan update terus menerus posisi pengguna menyesuaikan dengan satelit. Nyalakanlah GPS hanya pada saat diperlukan saja, misalnya ketika ingin berbagi lokasi dengan pengguna lain.

3 - Selalu Jaga Agar Layar Tidak Selalu Terang 

Semakin terang layar smartphone kamu, maka semakin besar juga konsumsi baterai dan tentunya akan berimbas pada daya tahan baterai yang semakin singkat. Usahakan untuk terbiasa mengatur tingkat brightness layar ponsel kamu pada level bawah. Layar yang sedikit redup selain akan menghemat pemakaian baterai, juga akan membuat matamu tidak cepat lelah.

4 - Atur Fitur Sync Ke Posisi Off

Fitur Sync pada smartphone Android menurut Admin tidaklah terlalu penting selalu dinyalakan karena akan mengurangi daya tahan baterai saja. Jika kamu merasa fitur yang satu ini penting buat kamu, aktifkanlah hanya saat handphone sedang di cas.

5 - Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang dibiarkan berjalan di backgroud terbukti bisa meningkatkan konsumsi sumber daya baterai, sehingga daya tahan baterai menjadi berkurang. Disarankan untuk menutup saja aplikasi yang sudah tidak digunakan agar beban kerja prosesor berkurang yang berarti itu akan menghemat pemakaian baterai oleh CPU ponsel.

6 - Gunakan Earphone Ketika Mendengar Musik

Memakai earphone atau headset saat mendengarkan musik akan jauh lebih menghemat baterai daripada menggunakan speaker handphone, karena speaker ponsel merupakan salah satu hardware smartphone yang konsumsi baterainya besar. Jika kamu ingin mencoba fakta ini silahkan test langsung pada ponsel kesayanganmu.
Baterai smrtphone yang tahan lama secara tidak langsung akan membuat kamu 'lebih bebas' pergi ke mana saja tanpa repot-repot mencari sumber listrik untuk mengecas. Silahkan coba 6 tips di atas untuk memperpanjang daya tahan baterai ponsel kamu, khususnya untuk handphoe yang memiliki kapasitas baterai kecil. Alternatif lain kamu bisa membeli handphone yang punya kapasitas baterai besar di atas 5.000 mAh yang saat ini sudah banyak ditemui di pasaran. 

6 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Ponsel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89