INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Minggu, 24 September 2017

Cara Mengatasi Hp Android yang Rusak Tersiram Air

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Pada saat Hp android yang sedang anda gunakan secara tidak sengaja tersiram atau terendam air, pastinya hal tersebut membuat anda khawatir karena takut Hp android anda mengalami kerusakan. Dan ternyata sebagian besar para pengguna Hp android jika mengalami hal itu justru tidak berbuat apa-apa. Namun sebenarnya adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan Hp android anda yang terkena air tersebut. Meskipun memang kerusakan dari Hp android tersebut tergantung dari banyaknya air yang masuk kedalam mesin perangkat anda. Namun tidak ada salahnya bila anda mencoba untuk memperbaiki hp android anda yang terkena air tadi dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

Android Terkena Air

Cara Mengatasi Hp Android yang Rusak Terkena Air.

1. Secepatnya Matikan Smartphone.
Sewaktu smartphone anda masuk kedalam air, segeralah kamu ambil smartphone itu dari dalam air dan kemudian setelah itu anda smartphone segera dimatikan, walaupun ketika terjatuh di air masih dalam kondisi aktif. Setelah smartphone sudah dinonaktifkan, langkah selanjutnya adalh dengan melepas baterai.

2. Hal yang Tidak Perlu dilakukan.
Sebelum masuk kelangkah berikutnya, sebaiknya kamu pun perlu tau hal-hal apa saja yang seharusnya tidak anda lakukan ketika smartphone terkena air. Cara ini sangat penting guna memastikan smartphone anda tidak mengalami kerusakan yang terlalu parah.
- Setelah terjatuh kedalam air jangan membiarkan smartphone tetap aktif. Karena air yang bercampur dengan daya listrik sudah pasti bisa merusak komponen mesin pada perangkat tersebut.
- Anda tidak boleh menyalurkannya kesumber listrik, seperti contohnya mengisi daya baterai smartphone.
- Tidak diperbolehkan untuk menekan tombol apapun. Karena jika anda menekan tombol tertentu, air didalam smartphone akan semakin meluas.
- Sebaiknya anda tidak memanaskan smartphone. Anda harus ingat bahwa suhu panas bisa merusak perangkat tersebut. Jadi lebih baik anda menjauhkan smartphone dari benda atau alat yang bisa meningkatkan suhu panas di smartphone.
- Untuk sementara jangan menggerakkan smartphone secara berlebihan. Cara ini dilakukan supaya air didalam smartphone tidak terus menyebar.

3. Bongkar dan Pisahkan Komponen.
Saat smartphone masuk kedalam air, ada baiknya bagian dari smartphone itu dibongkar untuk mencegah kerusakan yang lebih serius. Komponen tersebut diantaranya yaitu kartu microSD, baterai, SIM card segera anda lepaskan dari perangkat dan letakkan diatas tisu. Tapi bila anda punya keahlian teknisi ponsel yang bagus, mungkin anda bisa mencopot semua komponen yang ada di dalam perangkat. Dengan begitu semua bagian komponen bisa segera dikeringkan.

4. Pergunakan Kertas Tisu.
Apabila seluruh komponen didalam smartphone sudah dibongkar, anda bisa langsung mengelap sisa air pada perangkat itu. Namun perlu anda catat, untuk melakukan pengeringan harus dilakukan dengan sangat teliti, supaya tidak merusak komponen lainnya.

5. Tahap Pengeringan.
Cara ini merupakan langkah terakhir dari semua proses untuk mencegah kerusakan smartphone anda. Supaya anda bisa lebih yakin jika air didalam perangkat itu sudah sepenuhnya tidak tersisa, anda bisa menaruh smartphone dalam lemari dan diamkan saja dalam beberapa hari.

Tapi adapun cara lainnya yang diyakini bisa lebih ceoat dari cara tadi. Yaitu dengan memasukkan smartphone didalam kantong kedap udara yang sudah diisi beras dan diamkan selama tiga sampai empat hari. Kenapa menggunakan beras? karena beras memang sangat bagus untuk menyerap kelembaban udara. Maka dari itu beras bsia dimanfaatkan untuk mengeringkan air yang ada didalam smartphone tersebut.


Semoga ulasan yang kami sampaikan pada sore hari ini bisa menjadi solusi bagi anda yang memang sedang mengalami hal yang serupa. Jadi apabila smartphone anda terjatuh kedalam air, tidak perlu khawatir, segera gunakan cara-cara yang telah kami berikan ini.

Cara Mengatasi Hp Android yang Rusak Tersiram Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89