INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Minggu, 24 September 2017

Cara Mudah Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Melalui nomor kontak yang disimpan pada sebuah perangkat smartphone tentunya akan memudahkan kita untuk bisa tetap terhubung dengan setiap orang yang kita kenal melalui panggilan telepon maupun pesan sms. Akan tetapi pernahkah kita berpikir apabila seluruh kontak tersimpan di smartphone androidmu tersebut tiba-tiba hilang atau terhapus. Jika kita mengalami hal tersebut, pastinya akan menjadi suatu masalah yang cukup serius, sebab kita akan mengalami kesulitan saat menghubungi teman atau saudara yang yang berada jauh dari kita. Masalah kontak terhapus di sebuah perangkat android memang bukan menajdi sesuatu hal yang mengagetkan lagi, pasalnya banyak dari yang tentunya pernah mengalami masalah seperti ini, baik itu sengaja ataupun secara tidak sengaja.
Kontak yang Terhapus di Android

Sekarang, yang menjadi pertanyaannya adalah apakah yang harus dilakukan apabila semua nomor kontak yang tersimpan di smartphone android anda ternyata benar-benar terhapus atau hilang? Jangan khawatir, anda tak perlu bingung, karena pada kesempatan kali ini kami pun ingin berbagi beberapa trik yang dapat anda coba lakukan untuk mengembalikan semua kontak yang hilang atau terhapus di smartphone androidmu. Untuk lebih jelasnya, simak tips berikut ini.

Tips Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus atau Hilang di Android.

Apabila semua nomor kontak di smartphone android anda terhapus atau hilang, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu anda perlu memastikan terlebih dahulu jika semua kontak nomor telepon di smartphone anda telah ditampilkan.

Nah, setelah itu barulah anda mencoba beberapa langkah seperti berikut ini:
1. Buka seluruh daftar kontak telepon pada di smartphone androidmu.
2. Setelah itu, ketuklah pada bagian menu dilayar.
3. Kemudian anda bisa memilih Settings atau Pengaturan, lalu ketuk pada pilihan Kontak.
4. Sesudah itu anda pilihlah Contact to display.
5. Ketika anda sudah ada di pilihan Contact to display, anda bisa menyimpan semua kontak yang ingin ditampilkan. Apakah itu nomor kontak yang ada pada memori kartu SIM maupun kontak yang tersimpan pada memori telepon. Agar anda dapat lebih mudah menampilkan seluruh kontak yang tersembunyi tersebut, ketuklah pada layar ditampilan pilihan Semua Kontak. Dari situ nantinya seluruh nomor kontak yang tersimpan akan muncul semuanya pada dafta kontok di smartphone anda.

Cara Mengembalikan Nomor Kontak di Android Melalui Gmail.

Lalu bagaimana apabila cara yang diatas tadi tidak berhasil untuk mengembalikan kontak di android yang hilang. Jangan khawatir, karena anda pun bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan cara mengumpulkan semua kontak yang dulu pernah anda simpan dalam akun Gmail. Karena sebenarnya akun Gmail juga sudah memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menyimpan seluruh nomor kontak telepon yang ada pada smartphone android. Namun untuk bisa memanfaatkan fitur ini, anda terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur sinkronisasi pada smartphone android untuk bisa terhubung ke akun Gmail.

Untuk anda yang ingin mengembalikan semua kontak nomor di android dengan cara ini, anda bisa menuju  ke kotak masuk akun Gmail. Kemudian pada sisi kiri atas layar, pilih Gmail, lalu pilih menu Contact. Setelah itu lihat bisa lihat Dropdown menu disisi bawah kotak pencarian. Lalu anda bisa mengklik More dan pilih Restore Contact. Dari situ anda akan menemukan sebuah tulisan pilihan untuk menyimpan kontak yang dulu pernah disimpan. Seluruh kontak yang telah tersimpan tersebut pastinya masih memungkinkan untuk dikembalikan lagi.

Namun, anda juga perlu sedikit berhati-hati, jika anda ingin menambah kontak lagi setelah melewati waktu tersebut, karena bila diteruskan maka semua kontak tadi akan hilang. Dan jika anda telah selesai, pilihlah Sinkronasi ulang di smartphone androidmu. Selain cara tadi, cara lainnya yang bisa anda coba yaitu dengan melakukan backup data di android. Proses backup ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan akun Google. Untuk caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan di smartphone, kemudian ketuk pada pilihan Backup dan Reset. Dengan menggunakan cara ini, diharapkan seluruh kontak dan data yang ada di android bisa secara otomatis langsung tersimpan di akun Google.

Beberapa Tips Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android yang telah kami berikan tadi tentu saja cukup mudah untuk anda praktekkan. Dan tentunya dengan mengetahui cara ini, anda tidak akan pernah cemas lagi apabila suatu saat semua kontak di smartphone androidmu tiba-tiba hilang ataupun terhapus.

Cara Mudah Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89