INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Selasa, 04 Oktober 2016

Cara Mudah Menginstall Peta Secara Offline Pada Android

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Saat ini peta merupakan alat penting yang mutlak dibutuhkan oleh tiap-tiap orang yang ingin pergi ke suatu tempat yang belum pernah mereka datangi sebelumnya. Dengan memiliki peta, seseorang tidak akan takut apabila tersesat karena mereka bisa melihat jalur dengan mudah. Peta atau Google Maps yang bisa digunakan untuk menunjukkan arah mana yang harus dituju untuk sampai ke tempat yang diinginkan, memang harus menggunakan data internet sebagai perantaranya. Namun, yang menjadi ketakutan tersendiri bagi para pengguna Google Map online ini adalah apabila di jalan menuju tempat tujuannya nanti sinyal akan susah ditemui, sehingga menyebabkan Google Map tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Melalui banyak keluhan mengenai ketakutan tersebut sekarang pihak Google telah  menerbitkan Google map dengan fitur terbarunya yang bisa dijalankan dan melihat peta tanpa harus selalu memanfaatkan  koneksi internet.
Peta Offline Android

Google Map ini disebut dengan  Google Map offline, dengan fitur terbaru dari Google pada produk Google Map ini maka pasti akan membuat kita lega apabila sedang ingin mengunjungi suatu tempat yang susah untuk kit amendapatkan sinyal, apalagi sinyal yang bisa kita manfaatkan untuk jaringan internet. Tak hanya itu saja, dengan menggunakan Google Map offline ini akan lebih menghemat kuota anda, karena kuota internet tidak akan berjalan saat kita mencari tempat tersebut dan selama di perjalanan menuju tempat tersebut.

Pada artikel kali ini saya ingin memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk menginstal peta secara offline ini pada perangkat smartphone Android anda. Cara selengkapnya silahkan baca dibawah ini :
  • Langkah yang pertama yang harus anda lakukan yaitu anda harus mengupgrade terlebih dahulu  aplikasi Google Map yang ada pada perangkat smartphone Android Anda menuju ke versi yang paling terbaru. Supaya bisa memungkinkan untuk menggunakan fitur terbaru ini. Silahkan anda mengupgrade aplikasi Google Maps anda dari Playstore.
    Peta Secara Offline Pada Android
  • Langkah kedua, jika aplikasi Google Map anda sudah ter-upgrade ke versi yang terbaru, selanjutnya silahkan anda membuka aplikasi Map tersebut, kemudian kita akan memulai  bagaimana cara untuk menyimpan lokasi tujuan anda di dalam Google Map secara offline.
  • Pertama-tama silahkan anda cari dulu lokasi yang ingin anda tuju menggunakan Google Map online yang masih membutuhkan kuota internet saat pencarian tempatnya, ada baiknya anda menggunakan wifi supaya koneksinya lebih lancar dan jangan lupa cari WiFi yang memiliki sinyal bagus supaya memudahkan anda di dalam mengunduh lokasi tujuan anda nantinya.
  • Silahkan anda cari dulu dan ketikkan lokasi tujuan anda pada pencarian di Google Map, kemudian jika sudah ketemu sentuh lokasi tersebut sampai muncul sebuah PIN yang bisa anda gunakan untuk menandai lokasi tujuan anda tersebut, ulangilah langkah untuk menentukan apakah lokasi tujuan anda sudah tepat atau belum, supaya anda bisa mendapatkan lokasi yang benar-benar sesuai dan tidak membuat anda tersesat di jalan nantinya.
    Cara Mudah Menginstall Peta Secara Offline Pada Android
  • Setelah anda yakin bahwa lokasi tersebut memang benar, silahkan tekan selama 3 detik pada lokasi yang telah anda benarkan tersebut, kemudian akan muncul pada bagian bawah layar android anda berupa jendela Pop-up dari Google yang mana disana akan terdapat dua pilihan  mengenai lokasi tujuan anda, apakah ingin disimpan atau ingin anda bagikan. Silahkan anda geser pop-up tersebut menuju bagian atas layar smartphone anda sampai anda menemukan tulisan yang berbunyi save Maps to use offline, setelah itu tekan tulisan tersebut kemudian gantilah namanya sesuai dengan keinginan anda,  namun saran saya berikanlah nama yang sesuai dengan lokasi tersebut agar anda tidak bingung. 
  • Jika sudah, selanjutnya silahkan anda simpan lokasi tujuan anda tersebut dengan menekan tombol save, maka secara otomatis anda akan mengunduh lokasi tersebut dari Google Map, disinilah koneksi Wifi yang memadai sangat dibutuhkan supaya proses unduhan tidak tersendat.
  • Jika sudah selesai mengunduh lokasi maka anda pun sudah bisa menggunakan dan melihat lokasi peta anda secara offline di Google Map.
Untuk membuka lokasi peta anda secara offline ini, silahkan anda buka aplikasi Map anda kemudian silahkan cari menu your place dan silahkan anda cari di bawah sampai anda menemukan peta lokasi yang telah anda simpan tadi, kemudian pilih peta lokasi yang telah anda beri nama tadi  untuk membukanya secara offline.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai cara gampang menginstall peta secara offline pada android, kamu bisa juga baca Cara Mudah Menghemat Kuota Data Android untuk menambah informasi kamu, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Cara Mudah Menginstall Peta Secara Offline Pada Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89