INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Senin, 03 Oktober 2016

Cara Mudah Menghemat Kuota Data Android

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Sekarang ini, hampir semua orang menggunakan smartphone android. Dan para pengguna android membutuhkan kuota data untuk berselancar di internet. Pernahkah anda merasa kuota data anda cepat habis? Padahal anda merasa belum menggunakan kuota data anda secara maksimal. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mudah untuk menghemat kuota data android anda. 

1. Gunakanlah Google Chrome ketika Browsing Internet

Cara yang pertama untuk menghemat kuota internet yaitu dengan memakai chrome browser, dengan cara mengaktifkan fitur data servernya. Cara untuk mengaktifkan data server ini anda dapat membuka Setting-Data Server-On. Fitur ini akan melakukan kompresi data hingga 50% ketika anda melakukan browsing di internet. Hal itu tentu bisa menghemat kuota data internet anda secara maksimal.

2. Menonaktifkan Opsi Sinkronisasi

Data Usage
Cara yang kedua ini anda dapat menghemat kuota data internet atau paket data internet dengan cara non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak anda pakai. Caranya untuk menonaktifkan opsi sinkronisasi ini yaitu anda bisa membuka menu Setting, kemudian Account. Lalu anda bisa memilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan. Cara ini bisa menghemat kuota data internet atau paket data internet anda, karena aplikasi itu tidak langsung otomatis tersambung ke jaringan internet ketika anda mengaktifkan paket data.

3. Kurangi Pemakaian Mobile Data dan Aktifkan Perintah

Reduce Data Usage
Cara ketiga ini tentu anda juga tahu yang namanya fitur Limit Sistem atau Data Usage Warning. Anda bisa memakai fitur ini untuk mengetahui penggunaan data anda yang sudah melebihi batas. Untuk menggunakan fitur ini, anda bisa membuka menu Setting, kemudian Data Usage, setelah itu pilih Cellular Data, lalu Set Cellular Data Limit. Jika sudah, anda cukup melakukan tap untuk mengaktifkannya.

4. Restrict Background Data (Membatasi Pemakaian Data di Background)

Mobile Networks
Cara yang keempat ini merupakan cara menghemat kuota internet atau paket data dengan membatasi pemakaian data internet di background. Anda dapat menghentikan data background itu dengan cara membuka menu Settings, kemudian Data Usage, lalu tap pada lokasi tiga garis vertikal yang ada di sebelah kanan atas. Jika sudah, Restrict Background Data, setelah itu klik Ok.

5. Indentifikasi Aplikasi yang Membuat Kuota Data Cepat Habis

Cara yang kelima ini, anda dapat menghemat kuota internet atau paket data dengan acara mengindentifikasikan aplikasi yang bisa membuat kuota data anda lebih cepat habis dan untuk mengetahui aplikasi mana saja yang menyedot data anda. Anda dapat membuka menu Setting, kemudian buka Data Usage, lalu scroll ke bawah dan temukan aplikasi yang banyak menyedot kuota data internet anda. Anda bisa menguninstal aplikasi yang memakan cukup banyak data internet, lalu anda bisa menggantinya dengan aplikasi baru yang tidak menyedot data kuota.

6. Batasi Pemakaian Data di Berbagai Aplikasi

Anda bisa membatasi data pada sistem aplikasi yang anda pasang di smartphone anda. Caranya yaitu dengan anda masuk ke menu Setting. Contohnya yaitu google foto, anda dapat membuka menu Setting, kemudian Backup & Sync. Hal itu bertujuan agar anda bisa menghemat kuota data internet anda.

7. Mengatasi Update Aplikasi

Cara yang terakhir ini jika anda memakai Google Playstore, maka biasanya secara otomatis ponsel android anda akan langsung mengupdate aplikasi yang ada di Play Store itu. Dan biasanya update-an itu bisa memakan kuota internet yang cukup besar. Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa memakai jaringan wi-fi atau juga anda dapat menonaktifkan fitur update atau pembaruan aplikasi secara otomatis. Anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu Setting, kemudian pilih Auto Update Apps, lalu Auto Update Apps Over Wifi Only.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini tentang “Cara Mudah Menghemat Kuota Data Internet Android”. Baca juga tips dan cara mengatasi Hp android yang lemot. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Cara Mudah Menghemat Kuota Data Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89