INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Minggu, 02 Oktober 2016

Tips dan Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Ponsel Android Anda mungkin sangat cepat saat Anda pertama kali membelinya, benar kan? Lalu, semakin lama android yang anda akan berjalan semakin lambat. Ini adalah masalah yang biasa dan tidak ada hal apapun yang harus Anda khawatirkan. Di bawah ini, Anda akan mendapatkan 7 Tips Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot. Bagi kamu yang mempunyai hp android baik tipe apapun itu pasti pernah mengalami keadaan dimana hp android kamu menjadi lemot dan mengalami sedikit hank. Itu terjadi karena banyak hal yang mungkin belum ketahui. Karena biasanya kita hanya sebagai pengguna smartphone yang hanya tahu menggunakannya, tapi sebagian ada juga yang tahu cara mengatasi hp androidnya yang lemot itu tadi.

Untuk mengatasi android kamu yang super lemot, adakalanya untuk memperhatikan cara mengatasinya sehingga hp kamu tidak lambat atau lemot dibawah ini :

1. Temukan Masalahnya
Hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah apa yang menyebabkan masalah pada Android Anda: Aplikasi, multi-tasking app, atau mungkin sistemnya itu sendiri? Aplikasi Trepn Profiler dari Qualcomm bisa menunjukkan beban CPU secara real-time untuk masing-masing intinya, memberikan overview pada lalu lintas jaringan Anda baik itu data ataupun Wi-Fi, beban GPU dan penggunaan RAM dan masih banyak lagi.
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Trepn juga dapat menghasilkan profil bersifat spesifik untuk satu aplikasi atau secara general untuk system ponsel Anda dan berisikan berbagai metode untuk menampilkan data yang telah terakumulasi. Anda juga dapat menyimpan data profil Anda untuk dilihat atau dianalisa saat offline dan bahkan memiliki overlays untuk performa dari aplikasi yang sedang berjalan, begitu Anda telah mendapatkan gagasan masalah yang mendera ponsel Anda secara spesifik, Anda bisa lanjut ke solusi lain di bawah ini.

2. Kosongkan Sedikit Ruang
Semua foto yang Anda ambil dan semua aplikasi yang Anda install dapat berakibat pada ponsel Anda. Mungkin, ponsel Anda membutuhkan sedikit ruang agar bisa menampilkan performa maksimal, dan jika ruang di sana menipis, itu bisa membuatnya semakin melambat.Anda bisa melihat seberapa besar ruang yang tersisa di ponsel Anda dengan cara masuk ke bagian storage/penyimpanan di Setting. Salah satu cara termudah untuk melonggarkan ruang di ponsel Anda adalah dengan menyentuh aplikasi dan perhatikan aplikasi mana yang dapat Anda uninstall.
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Tap aplikasi tersebut, dan Anda akan masuk ke menu aplikasi, kemudian tap uninstall. Anda bisa mengulangi proses ini sebanyak apapun aplikasi yang tidak Anda butuhkan.Ada banyak cara untuk menambahkan ruang kosong di ponsel Anda. File-file yang telah Anda unduh mungkin masih memenuhi dapat dibuang. Di menu penyimpanan, tap unduhan, pilih file yang ingin Anda buang dan kemudian tap tombol tong sampah.

Banyak aplikasi-aplikasi yang telah Anda install mengunakan data cache guna mempercepat pengoperasian apliaksi tersebut, namun jika Anda sudah kehabisan tempat, cache tersebut menjadi tidak terlalu berguna. Untuk meningkatkan ruang kosong di ponsel Anda, sentuh opsi Clear Cached Data kemudian pilih OK untuk memastikannya.

Ada lebih banyak lagi file yang siap untuk didelete dapat Anda temukan di bagian Miscellanous files. Centang kotak ke semua tipe file yang ingin Anda hapus – backup, file-file yang diterima dari Bluetooth, file playlist, dan seterusnya – dan kemudian sentuh tombol bin. Anda juga bisa melihat seberapa besar ruang yang sudah Anda bebaskan ketika Anda masuk ke bagian Available space. 

Anda juga bisa menonaktifkan semua aplikasi yang pre-loaded di ponsel Anda namun tidak pernah Anda gunakan. Jika Anda telah me-root Android Anda, Anda bisa membuang aplikasi-aplikasi tersebut, namun jika tidak, Anda bisa masuk ke menu properties dari aplikasi yang dimaksud dan mematikan/disable aplikasi tersebut untuk mencegahnya agar tidak berjalan dan menghabiskan resource dari ponsel Anda.

3. Buang Widget-Widget di Ponsel Anda
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot
Semua widget yang berjalan di layar ponsel Anda mungkin berguna, namun mereka juga cukup menyedot resource dari ponsel Anda.Jika Anda memiliki widget yang berjalan di layar ponsel Anda yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan, Anda bisa mematikannya. Memang, tidak ada masalah besar jika Anda terus menggunakannya, namun lama-kelamaan Anda akan menyadari beberapa elemet yang memperlamat ponsel Anda jika Anda memiliki terlalu banyak widget yang berjalan bersamaan, jadi Anda memang harus lebih selektif.

4. Matikan animasi dan ekstra yang tidak penting
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot
Bergantung pada launcher yang Anda gunakan, Anda mungkin menemukan ada berbagai rupa animasi dan efek spesial di layar ponsel Anda. Dan ini mungkin terlihat keren, namun efeknya bisa memperlambat ponsel Anda.

Periksa setting dari launcher yang Anda gunakan untuk melihat apakah ada cara untuk mematikannya tambahan-tambahan yang tidak terlalu penting, dengan melakukan hal tersebut Anda mungkin akan mendapat sedikit tambahan kecepatan.

5. Matikan aplikasi and Bebaskan RAM
Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan akan membuat Anda lebih mudah untuk berpindah dari berbagai aplikasi atau tool yang Anda butuhkan, namun itu dapat mempengaruhi performa ponsel Anda. Anda dapat menutup semua aplikasi yang sudah tidak Anda butuhkan dengan cepat dengan cara melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan – tekan dan tahan tombol home dan kemudian swipe aplikasi-aplikasi yang ingin Anda berhentikan.
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Anda juga bisa dengan mudah membebaskan sebagian besar RAM Anda dengan cara masuk ke bagian RAM. Sentuh tombol clear memory dan semua proses yang berjalan di background yang tidak begitu penting akan ditutup.

6. Restart Perangkat Anda
Cara mudah dan cepat untuk mengatasi HP Android yang lemot adalah dengan cara melakukan restart. Ini dapat menghapus cache, menghentikan berbagai task yang tidak penting, dan membuat perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih lancar.
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Anda tinggal menahan tombol power, pilih pilihan Restart, kemudian tap Ok untuk mengkonfirmasinya.

Bagaimana, cara-cara tersebut mudah kan? Atau Anda memilih tips dan teknik lain cara mengatasi HP Android yang lemot? Semoga sajian informasi ini  dapat menambah informasi dan pengetahuan kalian.

Tips dan Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89