INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Sederhana Memperbaiki MicroSD yang Error atau Rusak

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Cara Sederhana Memperbaiki MicroSD yang Error atau Rusak - Smartphone android yang beredar saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan memori penyimpanan internal yang memadai. Akan tetapi cukup banyak dari pengguna smartphone tersebut yang masih merasa kurang dengan penyimpanan di memori internal. Untuk itu mereka menggunakan tambahan penyimpanan di microSD untuk menyimpan data-data yang mungkin sangat banyak jumlahnya. Salam halnya dengan flashdisk, microSD pun tidak akan lepas dari permasalahan yang biasanya sering sekali terjadi terjadi adalah microSD tidak bisa membaca data yang tersimpan didalamnya. Jika anda mengalami hal ini tentu saja akan merasa cemas lantaran anda takut data-data penting yang tersimpan di dalam microSD tersebut tidak bisa diselamatkan.

Namun kami sarankan, apabila anda mengalami permasalahan seperti ini sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir, karena sebenarnya anda pun bisa memperbaiki microSD yang error atau tidak terbaca. Dan untuk mengetahui caranya, langsung saja anda ikuti beberapa langkah berikut ini.
Cara Sederhana Memperbaiki MicroSD yang Error atau Rusak

Tips Cara Mengatasi MicroSD yang Rusak.

1. Membersihkan MicroSD.
Penyebab microSD rusak atau tidak terbaca biasanya diakibatkan karena permukaan dari microSD tersebut sangat kotor. Untuk itu anda  tentunya harus membersihkan bagian yang berwarna kuning pada permukaan microSD
Caranya adalah:
- Copotlah microSD tersebut dari smartphone anda.
- Kemudian usaplah atau gosok secara halus permukaan microSD yang berwarna kuning tersebut dengan memakai penghapus pensil.
- Apabila sudah bersih, anda bisa memasang kembali microSD dan lihatlah apa microSD anda tersebut sudah bisa membaca data-data yang ada didalamnya atau belum. 

2. Memformat MicroSD.
Apabila setelah anda bersihkan ternyata microSD belum bisa terbaca juga, anda bisa melakukan cara berikutnya. Tapi perlu anda ingat sebelum anda melakukan format microSD ini, anda harus mengikhlaskan semua data yang tersimpan dalam microSD hilang karena akan diformat. 

Caranya yaitu:
- Pertama anda harus memastikan microSD sudah menempel di slot memori ekternal pada smartphone anda.
- Setelah itu anda masuklah ke menu Settings, lalu pilih storage. Walaupun kartu microSD anda tidak bisa terdeteksi di lokasi penyimpan, namun paling tidak microSD tersebut dapat terdeteksi pada bagian pengaturan smartphone tersebut.
- Apabila anda sudah masuk ke pengaturan, temukan tombol Erase SD Card dan setelah itu klik tombol tersebut. Dengan cara ini, kartu microSD akan akan terformat seperti baru lagi. Dan kami pastikan microSD sudah dapat terbaca di lokasi penyimpanan.

3. Lakukan Pengecekan dari PC atau Laptop.
Semisal kartu microSD yang error tadi memang sudah tidak bisa terbaca di smartphone, anda bisa memeriksakan masalah ini melalui perangkat PC atau laptop agar anda bisa lebih mudah mengecek  masalah pada kartu memori anda.
Caranya adalah:
- MicroSD tersebut anda pasang kedalam slot memori eksternal di smartphone, kemudian koneksikan smartphone ke PC dengan memakai kabel data.
- Sambungkan smartphone pada mode MSC, supaya microSD bisa terbubung ke dalam perangkat PC.
- Setelah itu bukalah Windows Eksplorer, kemudian klik kanan dibagian Drive pada kartu microSD. Sesudah itu pilhlah Properties>Tools>Error Checking. Biarkan sampai proses berakhir.
- Apabila proses tadi sudah selesai, segera keluarkan kartu microSD. Lalu periksalah apakah kartu memori anda tadi sudah bisa terdeteksi di smartphone.

4. Memformat Lewat Perangkat PC atau Laptop.
Seandainya memang ketiga cara diatas belum berhasil juga, anda bisa memakai cara yang satu ini yakni dengan memformatnya lewat PC. Untuk cara memformat microSD melalui PC ini anda tidak usah cemas karena kehilangan semua data yang tersimpan di microSD. Karena sebelum melakukannya, terlebih dahulu semua data di kartu memori akan di backup.

Caranya adalah:
- Sambungkan smartphone yang sudah terpasang microSD yang error tadi ke perangkat PC.
- Pindahkan seluruh data-data yang ada di kartuSD kedalam Harddisk di PC. Simpanlah data-data tersebut didalam sebuah folder baru untuk memudahkan saat proses backup.
- Kemudian anda klik kanan untuk memformat microSD tersebut. Sesudah itu tekanlah start, dan biarkan hingga proses tersebut tuntas.
- Jika prosesnya sudah beres, salinlah semua data-data yang tadi anda pindahkan dalam hardisk PC, lalu masukkan dalam kartuSD yang baru saja anda format.

Bagi anda yang sering mengalami problem pada kartu memori yang tidak terbaca di smartphone, tidak ada salahnya anda mencoba untuk mempraktekkan cara-cara seperti yang kami berikan pada ulasan diatas. Semoga bermanfaat.

Cara Sederhana Memperbaiki MicroSD yang Error atau Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aku sukses