INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Minggu, 05 Maret 2017

Cara Aman Memaksimalkan Memori Internal di Android Tanpa Root

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Cara Aman Memaksimalkan Memori Internal di Android Tanpa Root - Salah satu bagian di sebuah perangkat ponsel yang cukup berperan penting dalam menunjang performa dari perangkat tersebut adalah karena adanya memori internal. Khususnya untuk perangkat ponsel berplatform android yang umumnya didukung dengan memori internal berkapasitas 4GB sampai dengan 16GB ternyata masih cukup banyak dijumpai sebagian hambatan yang dikarenakan banyaknya cache dalam jumlah besar yang mengakibatkan ruang penyimpanan di memori internal menjadi cepat penuh.

Dan yang cukup mengherankan lagi ternyata seringkali para pengguna ponsel android justru tidak menyadari akan hal tersebut. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada performa ponsel yang menjadi agak lambat. Biasanya itu akan tampak ketika anda sedang menginstal sebuah aplikasi baru berupa tampilan peringatan di layar yang bertuliskan memori penuh. Maka dari itu anda sebagai pengguna android memang perlu mengetahui cara memaksimalkan memori internal di android agar anda bisa mengatasi kendala tersebut. Ingin tau caranya? Langsung saja anda baca ulasan selengkapnya dibawah ini!
Memori Internal di Android

Langkah dan Cara Mengoptimalkan Memori Internal di Android.

1. Menghapus Semua File Cache di Seluruh Aplikasi.
Ketika anda ingin melakukan penghapusan file cache, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu file cache. Pengertian dari cache yaitu sebuah file yang bersumber dari sampah-sampah pada file aplikasi yang memang secara otomatis akan disimpan dalam memori internal dan sifat file cache ini hanya sementara saja. Dampak yang ditimbulkan dari banyaknya file cache tadi tentunya ruang penyimpan di memori internal akan menjadi sempit. Itu karena file cache memang memakan cukup banyak ruang penyimpanan di memori internal.

Cara Membersihkan Cache:
- Hapuslah satu persatu file cache di sebagian aplikasi yang sudah terpasang di android. Karena prosesnya memang harus manual, jadi tentu saja cukup memerlukan waktu yang tidak sebentar. Akan tetapi cara ini layak untuk anda coba.
- Selain menggunakan cara manual, anda pun juga bisa melakukan pembersihan cache dengan memanfaatkan aplikasi Clean Master yang bisa anda unduh melalui Google Play Store. Aplikasi ini bisa anda pakai untuk membersihkan cache pada memori internal di ponsel, dan selain itu juga bisa difungsikan sebagai aplikasi pendeteksi virus. Keunggulan dari aplikasi clean master yaitu aplikasi ini mempunyai beragam fitur yang bisa anda gunakan dengan mudah dan aplikasi ini pun tergolong sangat ringan saat dijalankan. 

2. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal.
Slot memori eksternal yang ada pada sebuah perangkat ponsel tentunya sangat berguna sekali bagi para pengguna ponsel. Karena dengan tersedianya memori ekternal, pengguna bisa lebih leluasa untuk menyimpan data atau file-file meskipun dalam jumlah yang banyak. Dan selain itu dengan adanya dukungan memori eksternal pada sebuah smartphone android, bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk memindahkan file yang berupa aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. 
Untuk anda yang ingin memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori penyimpanan eksternal, caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan, lalu buka App Manager, kemudian anda tinggal memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke memori eksternal, dan setelah itu klik pada kolom yang bertuliskan "Pindahkan ke kartuSD". Sekarang anda sudah berhasil memindahkan aplikasi tersebut. 

3. Hapuslah Seluruh File yang Ada di Folder Thumbnails.
Anda sebaiknya melakukan backup data dari memori internal ke memori eksternal terlebih dahulu sebelum menjalankan proses pembersihan file di folder "thumbnails". Anda bisa memilih sebagian file-file yang penting supaya file tersebut tidak hilang. Untuk caranya yaitu dengan membuka file manager, kemudian pilihlah memori internal, dan setelah itu anda tinggal menyalin file tersebut ke dalam memori ekternal pada ponsel anda.

Apabila proses pemindahan file tersebut sudah beres, selanjutnya bisa melakukan pembersihan memori internal tadi. Untuk cara paling gampang dalam melakukan melakukan proses ini adalah dengan menghapus semua file thumbnails. Cara seperti ini dilakukan karena memang pada folder yang berisi file thumbnails cukup banyak memakan kapasitas memori internal. 

Kami yakin dari beberapa cara yang telah kami berikan ini pastinya anda bisa melakukannya dengan sangat mudah. Dan semoga ulasan yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Cara Aman Memaksimalkan Memori Internal di Android Tanpa Root Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aku sukses