INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Minggu, 05 Maret 2017

Cara Aman Melakukan Upgrade OS di Android

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Cara Aman Melakukan Upgrade OS di Android - Demi meningkatkan kinerjanya, tentu sistem operasi android tentunya akan terus melakukan pembaruan data aplikasi serta sistem supaya bisa lebih baik. Pastinya kita sebagai pengguna android tentu sudah mengetahui bahwa sistem operasi android sudah beberapa melakukan peningkatan dari mulai OS versi 4.0 yaitu Android Ice Cream Sandwich, sampai dengan versi 7.0 yang paling terbatu saat ini yakni OS Nougat. Dan apabila diantara kamu ingin melihat sistem operasi yang digunakan pada smartphone yang sedang kamu gunakan, silahkan kamu masuk ke menu pengaturan, lalu cari tulisan About Phone, kemudian klik. Disitu kamu akan mengetahui versi OS Android yang mendukung smartphone kamu.

Sebelum saya membahas tentang cara melakukan upgrade atau pembaruan OS secara aman, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah OS terbaru yang akan kita upgrade sudah tersedia. Untuk info resmi mengenai upgrade OS dapat anda lihat ketersediannya di perangkat smartphone anda atau bisa juga dengan mengunjungi situs resmi dari vendor smartphone tersebut.

Dan bagi kamu yang ingin melalukan proses pembaruan versi OS Android, kamu bisa mengikuti langkah dan cara yang saya berikan dibawah ini.

Cara Aman Melakukan Upgrade OS di Android

Cara Aman Melakukan Upgrade OS Android.

1. Melakukan Upgrade Langsung Dari Perangkat Smartphone.

Jika kamu ingin memperbarui sistem operasi melalui perangkat smartphone secara langsung, kamu bisa masuk ke menu Settings>About Phone>Software Update. Sebelum melakukannya, terlebih dahulu kamu harus menggunakan koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi dan stabil agar proses upgrade bisa berjalan lancar. Keuntungan dengan melakukan upgrade lewat cara ini adalah kamu tidak perlu menggunakan bantuan perangkat lain seperti laptop atau komputer. Maka dari itu saya menganjurkan bagi kamu yang ingin  melakukan upgrade OS dengan cara ini, kami sarankan untuk kamu menggunakan koneksi wifi dirumah.

Dari pengalaman saya sendiri, ketika pertama melakukan upgrade OS Android tidak akan menghilangkan data perangkat apapun dan juga tidak merubah pengaturan perangkat tersebut. Dan apabila ternyata proses upgrade yang kamu lakukan tiba-tiba terhenti dipertengahan, hal itu mengharuskan kamu untuk mengulang dari awal lagi proses upgrade OS ini. 

2. Melakukan Upgrade Menggunakan Firmware Resmi.
Upgrade OS Android

Untuk melakukan upgrade OS dengan cara ini, terlebih dahulu kamu perlu mengunduh upgrade Firmware resmi dari situs resmi vendor tersebut. Untuk melakukan mengunduh ROM ini tentunya juga memerlukan koneksi internet yang stabil agar proses unduh ROM bisa berjalan dengan mulus.

Apabila kamu sudah memasuki proses upgrade OS, kamu memerlukan bantuan aplikasi lain yaitu Odin yang sudah terpasang di PC yang kamu gunakan. Saat proses upgrade dengan bantuan aplikasi Odin terdapat beberapa cara tergantung dari hasil unduhan ROM tadi. Apabila file unduhan hanya terdapat satu file, sebaiknya kamu memakai cara One Package Installer pada aplikasi Odin. Sedangkan untuk file unduhan yang terdapat lima file, kamu perlu menaruhkan file tersebut satu persatu pada kolom yang tersedia pada bagian kanan aplikasi tersebut.

Sebelum melakukan instalasi, kamu sudah harus menyambungkan smartphone kamu ke PC menggunakan kabel data. Apabila kolom yang bertuliskan port 22 sudah ada indikasi warna hijau, berarti smartphone sudah siap untuk di upgrade. Lamanya proses upgrade sekitar 5-10 menit, sampai smartphone merestart secara otomatis. Untuk melakukan upgrade OS dengan cara ini kemungkinan seluruh data akan terhapus. Pada saat proses upgrade OS sudah sukses kamu lakukan, biasanya smartphone akan kembali ke pengaturan awal seperti smartphone baru lagi.

3. Melakukan Upgrade Dengan Menggunakan PC.

Sebelum kamu melakukan pembaruan OS menggunakan cara ini, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal aplikasi PC Suite ke perangkat PC tersebut. Cara ini pun sama dengan melakukan upgrade langsung dari smartphone, yaitu memerlukan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Kemudian untuk menyambungkan perangkat smartphone ke PC, kamu tentu membutuhkan kabel data. Saat proses upgrade OS sedang berlangsung, usahakan jangan sampai koneksi terputus di tengah jalan.

Bicara akibat dari proses upgrade menggunakan cara ini yaitu jika smartphone kamu pernah melakukan root, maka seluruh data yang ada di perangkat smartphone kamu akan terhapus otomatis alias hilang. Tapi jika smartphone kamu belum pernah di root, maka data-data akan tetap aman. Untuk menghindari terhapusnya data-data di smartphone kamu, sebaiknya kamu lakukan backup semua data-data tersebut lebih dahulu menggunakan aplikasi PC Suite. 

Sekedar mengingatkan, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan upgrade OS menggunakan beberapa cara yang kami sampaikan tadi, sebaiknya kamu sudah benar-benar yakin dan percaya bahwa kamu bisa melakukannya. Dan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat proses upgrade OS ini seperti misalnya smartphone hang atau bootlop, kami sarankan lakukanlah upgrade OS ini dengan lebih hati-hati.

Cara Aman Melakukan Upgrade OS di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aku sukses