INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Sabtu, 08 Oktober 2016

Cara Mengatasi Memory Internal Android Penuh atau Insufficient Storage Available

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Banyaknya data yang kita miliki didalam perangkat android sering sekali membutuhkan banyak ruang  atau ruang penyimpanannya. Aplikasi yang tersedia dan aplikasi yang diupdate disetiap perangkat android membutuhkan sebuah storage atau tempat penyimpanan.Semakin banyak aplikasi dan data yang kita miliki maka semakin memungkinkan kita harus mempunyai ruang penyimpanan yang sangat besar terutama didalam perangkat android ini atau memori internal android. Media penyimpanan didalam android tentunya sangatlah besar untuk sekarang ini terlebih jika dilihat dari semakin berkembang pesatnya aplikasi yang tersedia di google playstore. Namun dengan jumlah media penyimpanan yang besar didalam setiap android maka tentu saja tidaklah cukup dengan kondisi seperti itu, karena dengan semakin banyaknya data aplikasi yang dimiliki oleh perangkat android maka membutuhkan sebuah cara untuk mengatasi itu semua.

Dari instalasi aplikasi yang kita pasang didalam perangkat sering sekali terjadi ruang penyimpanan internal yang tidak cukup. Seperti pada saat kita akan melakukan instalasi didalam perangkat android ketika media penyimpanan tidak cukup lagi maka akan muncul peringatan bahwa memori tidak mencukupi padahal memori internal android kita masih banyak ruang atau sisanya. Ketika muncul pesan error tadi atau peringatan Insufficient Storage Available pada perangkat android akan membuat kita sedikit jengkel tentunya. Apalagi ini sering terjadi ketika kita mau melakukan instalasi permainan dari google playstore ke hp android kita.
Insufficient Storage Available

Banyak cara yang kamu lakukan untuk mengatasi memori internal yang penuh ini. Kamu juga sudah mencoba untuk membuang sebagian aplikasi yang tidak kamu butuhkan didalam perangkat android kamu. Namun tetap saja muncul peringatan “Insufficient Storage Available” . Ini membuktikan bahwa kita perlu segera mengosongkan sebagian media penyimpanan internal didalam hp android kamu. Untuk masalah memori internal android yang penuh ini, maka kamu bisa perhatikan cara mengatasinya yang bisa diperhatikan dari penjelasan seperti dibawah ini :

Cara I : Menggunakan aplikasi Link2SD
  1. Hp android kamu harus sudah di root terlebih dahulu.
  2. Kemudian unduh aplikasi Link2SD yang bisa kamu dapatkan di Google Play
  3. Setelah itu silakan install aplikasi Link2SD di android kamu.
  4. Jalankan aplikasinya , lalu kamu pergi ke pengaturan --> lokasi install --> lalu pilih eksternal ( settingan ini dapat memfungsikan ponsel android apabila ada aplikasi yang terinstall, otomatis akan langsung dipindahkan ke memori eksternal  atau SDCARD.
  5. Restart android kamu dan selesai.

Cara II : Menggunakan aplikasi Lucky Patcher
  1. Smartphone android kamu harus sudah diroot terlebih dahulu.
  2. Silakan unduh Lucky Patcher.
  3. Kemudian install Lucky Patcher dan arahkan ke tempat penginstalan ke MicroSD.
  4. Jalankan dan pilih menu ke “ Proceed to Troubleshooting”.
  5. Lalu kamu pilih “ Remove fixes and backups”.
  6. Restart android kamu dan selesai.
Catatan : Untuk cara yang kedua ini dapat kamu lakukan secara berulang-ulang setiap kali ada pesan error “ Insufficient Storage Available” muncul, namun apabila kamu tidak ingin repot,maka sebagai opsi kamu bisa menggunakan cara pertama saja.

Nah, itulah cara mengatasi memori internal android yang sudah penuh. Silakan kamu coba cara diatas dengan sebaik mungkin dan perhatikan dengan baik-baik agar semua berjalan dengan lancar dan baik. Itu dulu informasi yang bisa disampaikan pada kali ini, semoga informasi ini dapat membantu dan memberikan manfaat kepada teman-teman semua yang hadir disini.

Cara Mengatasi Memory Internal Android Penuh atau Insufficient Storage Available Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aku sukses