INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Jumat, 09 Maret 2018

7 Langkah Cara Mengatasi Kamera Error Pada Hp Android

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Kamera di HP Android memang memiliki banyak kegunaan, kali ini spesifikasi android juga sangat diperhatikan di Camera. Seolah-olah fungsi kamera sangat utama, dengan kamera kita bisa menangkap momen tertentu agar kita bisa menyimpan foto. Anda bisa berfoto dengan gaya selfie, atau yang lainnya tampil atraktif di depan foto. Lebih penting lagi, jangan lupa untuk mengupload di medsos Anda agar orang lain mengenal Anda.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kamera, selain aplikasi kamera yang dibangun dari android itu sendiri. Tujuannya adalah untuk menyediakan fitur-fitur tertentu yang tidak ada pada kamera built-in. Tapi masalahnya sekarang kamera android tidak bisa digunakan untuk memotret, maka umumnya kamera yang tidak bisa digunakan atau tidak bisa dibuka akan menjadi Notifikasi "Tidak Bisa Terhubung ke Kamera" atau "Tidak Bisa Terhubung ke Kamera".

Cara Mengatasi Kamera Error Pada Hp Android

Banyak masalah terjadi pada beberapa android, namun setiap masalah muncul pasti ada penyebabnya. Biasanya ada dua kemungkinan pertama mungkin karena kamera ponsel memang sudah blank dan kebua mungkin juga karena system OSnya masih dalam keadaan upgrad jadi masih belum pada kondisi sempurna. Untuk bisa mengatasi kesalahan kamera android tidak terkoneksi, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut ini.

1. Hentikan dan Hapus Aplikasi Kamera
Fungsi pertama adalah dengan menghentikan aplikasi kamera data yang akan kita gunakan, maka Anda bisa menghapus data yang ada. Cara ini cukup efektif dan ampuh untuk mengatasi kamera android yang bermasalah, palin utama pada aplikasi kamera asli / bawaan pada hp android.

Menghapus seluruh data kamera  (bukan foto loh ya). Tapi itu akan dihapus cache, database, setting, history kamera. Untuk menghapusnya anda bisa mencobanya seperti berikut.
•Langkah utamanya, silahkan masuk ke Menu Pengaturan.
•Kemudian "After Addition"> Application Management.
•Pilih Semua, lalu cari aplikasi Kamera.
•Selanjutnya tekan "Forced Stop", jika sudah klik "Delete Data".

Dengan begitu data akan terhapus, maka temanku bisa mengecek kegunaan aplikasi kamera di ponsel android Anda. Tentunya hal ini sangat berguna untuk setting setting / setting kamera android hp ke pengaturan default.

2. Reboot Android Phone
Bila terjadi kerusakan HP Android pada kamera, maka Anda bisa me-reboot ponsel android hp yang Anda miliki. Selanjutnya dari mikro sd, sim card dan battery, tunggu sampai 1 menit, tujuan agar smartphone android tidak ada sumbernya. Setelah itu Anda bisa me-restart android yang dimiliki agar bisa terhubung normal.

3. Scan Antivirus di HP Android
Mungkin pada faktor kelima yang juga menyebabkan kamera tidak berfungsi tidak bisa dibuka, akibatnya Anda menjadi gagal memotret objek. Sebenarnya jika disebabkan oleh virus di smartphone android, bukanlah halangan yang sulit karena ini bisa kita atasi dengan menggunakan antivirus.

Memang, dalam menentukan antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan performa ponsel android Anda, Anda juga harus menyesuaikannya. Adapun contoh aplikasi: Avast, AVG, 360 Security, dan Eset Mobile Security dan Antivirus. Selanjutnya tinggal guanakn scan setiap aplikasi, jika kemudian tetap bersihkan virus ke akarnya.

4. Gunakan Aplikasi Android Ekstra Kamera HP
Lalu ke keempat, ada aplikasi kamera pengganti yang ada di Laptop. Jadi sebelum itu Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi kamera, misalnya aplikasi Camera 360. Setelah mengunduh dan menginstal, maka gunakan dengan aplikasi kamera lainnya. Apa bila msih bisa terhubung dan dapat mengambil gambar berati Aplikasi kameranya memang sudah rusak. Anda bisa menggunakan aplikasi lain hanya untuk memotret.

5. Reset HP Android
Reset HP Android bukanlah hal yang sulit, teman saya hanya butuh beberapa langkah dibawah ini, bisa anda atur ulang hp android, seperti caranya seperti berikut.
•Buka Pengaturan> Pengaturan Tambahan.
•Kemudian klik "Create Backup and Reset / Bakcup and Reset".
•Kemudian bisa klik "Clear Application Data".
•Mungkin beda cara hp yang berbeda, untuk lebih jelasnya bisa baca link berikut ini,

6. Factory Reset
Nah di langkah keenam ini Anda bisa mengatasi kamera hp android yang rusak / error, maka sobat bisa menggunakan metode factory reset. Dimana fitur ini bisa mengembalikan smartphone ke setting pabrik. Ini sebenarnya cukup berisiko, apalagi kalau tidak di backup data yang penting di hp android. Potensi jika tidak di backup, data, aplikasi dan dokumen lainnya bisa hilang. Sedangkan untuk melakukan ini teman saya perlu benar-benar diperhatikan.

7. Bongkar, Pembersihan, dan Install
Lalu kalau tidak bekerja dengan baik, Anda bisa membongkar ponsel android untuk diperbaiki. Kerusakan yang paling mungkin terjadi pada kamera. Kamera bias saja dalam kondisi baik, namun beberapa dari bagian yang menghubungkan antara perangkat lain dengan kamera mungkin bermasalah. Dianjurkan untuk dilakukan oleh orang / ahli yang berpengalaman, bisa diperbaiki di Service Center.

Nah demikianlah tutorial yang bisa saya bagikan tentang bagaimana Cara Mengatasi kamera error pada hp android, jika teman saya mengalami masala yang lebih parah bisa menggunakan klaim garansi jika ada atau pergi ke Service Center. Jika ada yang mau menyampaikan atau bertanya, maka bisa mengirimkan pertanyaan di kolom km, semoga sukses dan semoga berhasil sobat.

7 Langkah Cara Mengatasi Kamera Error Pada Hp Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89