INFOSAJA89 -Berbagi Informasi Dunia Gadget Android Serta Smartphone Lainnya

Kamis, 25 Agustus 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah

Sebarkan Artikel di :
Advertisement

Internet yang super cepat merupakan suatu impian bagi setiap orang. Di Indonesia sendiri, kecepatan koneksi internet yang ada masih tergolong cukup lambat meskipun sudah didukung dengan teknologi 3G/HSDPA maupun 4G/LTE. Hal ini terjadi karena belum meratanya infrastruktur penunjang jaringan koneksi internet di setiap daerah.

Kecepatan internet memang selalu berubah-ubah, kadang cepat kadang juga sangat lambat. Bahkan terkadang kita dibuat lama menunggu hanya untuk membuka satu halaman website saja. Padahal internet yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan terutama oleh pengguna smartphone android di masa sekarang ini. Hal ini karena banyak pengguna saat ini yang menggunakan perangkat smartphone mereka untuk browsing, chatting, sosial media, men-download aplikasi, game online, dan aktifitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Apabila koneksi internet yang ada sangat lambat, maka hal itu juga akan memperlambat aktifitas dan kinerja dari pengguna itu sendiri.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Internet yang lambat memang sangat menjengkelkan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada cara mempercepat koneksi internet android dengan mudah. Di sini akan dijelaskan mengenai cara mempercepat koneksi internet android yang dapat anda lakukan sehingga anda tidak perlu dipusingkan lagi dengan yang namanya internet lelet atau lemot.

1. Pilih Operator Seluler dengan Sinyal Terkuat
Cara mempercepat koneksi internet android yang pertama ini merupakan faktor yang paling utama dalam menentukan cepat atau lambatnya kecepatan internet yang anda miliki. Pilihlah operator seluler yang sudah mendukung teknologi 3G/HSDPA atau bahkan 4G/LTE di daerah anda agar kecepatan internet yang anda dapatkan bisa lebih maksimal. Selain itu, penggunaan jenis paket internet dari operator seluler juga perlu diperhatikan. Biasanya paket internet tercepat memiliki harga yang cukup mahal, jadi bijaklah dalam memilih paket internet sesuai kebutuhan anda.

2. Gunakan Pengaturan 3G atau WCDMA Only
Cara mempercepat koneksi internet android yang berikutnya adalah dengan memilih jaringan 3G atau WCDMA only pada menu Settings di smartphone anda. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa daerah anda sudah terjangkau minimal jaringan 3G/HSDPA. Hal ini perlu anda lakukan karena biasanya pengaturan jaringan default pada perangkat smartphone adalah mode Automatic yang membuat perangkat smartphone hanya akan mencari jaringan yang terdekat saja. Padahal jaringan yang paling dekat belum tentu jaringan 3G/HSDPA, tapi jaringan EDGE atau bahkan 2G yang memiliki kekuatan sinyal lebih rendah dari jaringan 3G, sehingga kecepatan koneksi internet yang anda dapatkan kurang maksimal.

Untuk mengubah pengaturan jaringan tersebut, pertama silahkan buka menu Settings pada smartphone android anda, lalu pilih Wireless & Networks, lalu pilih Mobile Networks, dan kemudian Networks Mode. Setelah itu, silahkan pilih 3G atau WCDMA Only. Ketika anda sudah memilih menu pengaturan tersebut, maka perangkat smartphone anda akan selalu berusaha untuk mencari sinyal 3G/HSDPA yang memiliki kecepatan koneksi internet lebih cepat.

3. Gunakan Browser Paling Cepat dan Paling Ringan
Cara mempercepat koneksi internet android yang ketiga ini merupakan metode yang perlu anda perhatikan. Saat anda berselancar di dunia maya, entah untuk membaca artikel, berita, atau men-download aplikasi, pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi browser yang paling cepat dan paling ringan. Jangan menggunakan browser yang terbaik, karena aplikasi browser yang terbaik belum tentu yang paling cepat, namun browser yang paling cepat dan paling ringan sudah tentu sangat baik untuk perangkat smartphone anda.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah

Ada beberapa aplikasi browser yang cepat dan cukup ringan yang dapat anda coba pada smartphone anda, seperti Chrome, Opera Mini, UC Browser, dan Baidu Browser. Browser-browser ini bekerja dengan cara memperkecil data yang masuk ke smartphone anda ketika aktifitas browsing sedang dilakukan. Data-data yang anda minta tidak akan langsung dikirimkan ke smartphone anda, namun akan dilewatkan ke server mereka terlebih dahulu untuk dilakukan kompresi sehingga data yang anda terima berukuran lebih kecil dari semestinya.

Metode kompresi seperti ini merupakan cara yang sangat tepat untuk mempercepat waktu loading saat anda membuka sebuah halaman website. Browser-browser ini juga cocok untuk digunakan jika anda ingin lebih menghemat kuota internet yang anda miliki.

4. Bersihkan Cache dan Sampah Lainnya Secara Rutin
Salah satu faktor yang membuat koneksi internet terasa lambat adalah kinerja atau performa smartphone yang kurang optimal. Keadaan smartphone yang seperti ini bisa disebabkan oleh banyaknya cache dan file-file sampah yang dibiarkan menumpuk. Maka cara mempercepat koneksi internet android yang selanjutnya adalah dengan membersihkan cache dan file sampah lainnya dari perangkat smartphone anda secara rutin.
Clean Master Android

Anda dapat memanfaatkan aplikasi Clean Master untuk melakukan hal tersebut secara otomatis. Aplikasi ini juga dapat membebaskan RAM smartphone anda yang penuh akibat banyaknya proses yang sedang berjalan di background, sehingga smartphone anda akan terasa lebih ringan dan responsif saat anda gunakan.

5. Manfaatkan Aplikasi untuk Mempercepat Koneksi Internet
Cara mempercepat koneksi internet android yang terakhir adalah dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang memiliki fungsi untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone android anda. Beberapa aplikasi tersebut di antaranya adalah Network Signal Booster, Network Signal Info, Flash Speed, Onespeed, Network Speed Booster, Internet Booster, dan yang lainnya. Aplikasi-aplikasi ini akan mengoptimalkan berbagai macam pengaturan yang terdapat pada smartphone anda agar bisa mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara mempercepat koneksi internet android yang dapat anda lakukan agar kecepatan koneksi internet yang anda peroleh bisa sesuai dengan yang anda inginkan. Selamat mencoba.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: labinfo89